Sekcam Mandalle Turut Hadir Dalam Seminar KKN Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Angkatan 74 Didesa Manggalung

TARGET BERITA.com, Pangkep – Seminar akhir program kerja KKN Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar angkatan 74 Desa Manggalung di ruang pertemuan Kantor desa Manggalung Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkajene kepulauan provinsi Sulawesi Selatan pada senin 4 Maret 2024.

Seminar dilaksanakan oleh kelompok KKN posko 3 desa Manggalung, salah satu dari lima kelompok yang ada di kecamatan Mandalle, serta keseluruhan dari 3 kecamatan yang ada di Kabupaten Pangkep yakni Ma’rang, Segeri dan Mandalle.

Hadir dalam kegiatan seminar Sekretaris Camat Mandalle Muslimin Gaffar, Babinsa, para Kepala-kepala sekolah SD se Desa Manggalung, Staf, Aparat dan perangkat serta para petugas desa Manggalung lainnya.

Adapun struktur organisasi KKN posko 3 ini terdiri dari : Koordinator Desa Rizal Fawwaz R, Sekretaris Muhammad Rizki Nur, Bendahara Nurul Mutmainnah, Anggota-anggota; Muhammad Ariyanda R, Jazaerul Umrah, Supriadi, Mursalim Syaputra, Nurul Aulia fitrah Q, Nurul Mufliha, Nurul Hidayah dan Sarmila.

Dengan dipimpin Kordes Rizal para pemateri memaparkan hasil kegiatan antara lain ;
Fokus permasalahan bidang pendidikan prioritas program dan kegiatan mengajar di sekolah dasar bidang keagamaan kegiatan mengajar mengaji di masjid Al Kahfi dan festival anak sekolah bidang sosial/lingkungan hidup kesejahteraan Bakti/berkebun.

Hasil kegiatan Gambar terlaksana di tiga sekolah dengan pencapaian siswa lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran siswa lebih termotivasi untuk menggapai cita-citanya siswa lebih memiliki rasa ingin tahu dan ingin belajar lebih banyak siswa memiliki tujuan belajar yang jelas.

Manifest kegiatan telah berhasil terlaksana di masjid Boddie dengan pencapaian meningkatkan minat anak terhadap Alquran dan ilmu agama, memunculkan bibit-bibit unggul dalam bidang keagamaan, meningkatkan kemampuan kompetisi anak-anak.

Jumat Bersih dilaksanakan pada beberapa titik lokasi yaitu lingkungan kantor desa SDN 16 manggalung dan kebun PKK yang dilaksanakan setiap hari Jumat dengan pencapaian menjalin silaturahmi terhadap warga.

Al Kahfi kegiatan terlaksanakan pada dua masjid yaitu masjid Babul jannah Manggalung dan Babul khairat Mallawa, dengan dukungan para relawan berhasil mencapai beberapa pencapaian signifikan yakni jamaah masjid dapat mengamalkan Al Kahfi setiap malam Jumat.

Fesgama berhasil terlaksana di masjid manggalung dengan pencapaian meningkatkan minat anak-anak terhadap Alquran dan ilmu agama memunculkan bibit-bibit unggul dalam bidang keagamaan membentuk karakter anak-anak yang berakhlakul karimah.

Mengajar mengaji di empat masjid selama periode kegiatan dicapai beberapa kemajuan yang signifikan yakni para peserta mampu membaca Alquran dengan tajwid yang benar menghafal surat-surat pendek melaksanakan salat dengan baik.

Sekcam Mandalle muslimin Gaffar dalam sambutannya disampaikan semoga selama berkegiatan ini kedepannya menjadi pelajaran apabila sudah terjun ke masyarakat setelah selesai kuliah.

Di tempat terpisah dalam keadaan duka keluarga kepala Desa Manggalung fatahuddin diwakili Babinsa menyampaikan rasa terima kasih atas kegiatan yang telah terlaksana dan mengucapkan terima kasih serta selamat telah berhasil melaksanakan kegiatan kkn-nya dengan berbagai programnya yang menurutnya telah sukses selama ini.

Semoga kedepannya anak-anak mahasiswa yang selesai berkatain dengan belajar dan lewat pengalaman yang didapatnya dapat diterapkan di masyarakat ketika mengabdi kepada masyarakat setelah menempuh pendidikan atau kuliah.(AB)

Penulis: Anwar BroEditor: Irwan jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *