Pangdam XIV/Hasanuddin bersama Rombongan di Dampingi Kasrem 141/TP Berserta Forkopimda Kab Pangkep Melaksanakan Kegiatan Panen Raya

Pangkep – Dalam Rangka Mendukung ketahanan pangan nasional di dua tempat dalam wilayah Kodim 1421/Pangkep pada Kamis, 18/4/2024.

Rombongan Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P didampingi Ny. Mia Bobby Rinal Makmun.(Ketua Persit KCK PD XIV/Hasanuddin) bersama Kolonel Kav Eko Saptono K., S.E., M.M.(Aster Dam XIV/Hsn), Kolonel Inf Mangapul Hutajulu. (Kapendam), Letkol Inf Windra Sukma prihantoro (Dan Den Inteldam XIV/Hsn).

 

Hadir pula Kolonel Arm. Tejo Widhuro.S.Sos. M.Si. (Kasrem 141/TP), H.Syahban Sammana.SH (Wakil Bupati Pangkep), Letkol Inf Fajar. (Dandim 1421/Pkp), AKBP.Ari Kartika Bhakti.S.I.K, M.KP. (Kapolres Pkp), H. Abd Haris Gani.S.sos.Msi (Ketua DPRD Kab Pangkep), Ny.Kurnia Furuhita.S ( Ketua Persit KCK Cab XLV Dim 1421/Pkp, Ir. H. Ilyas (Humas PT.Semen Tonasa), Abdul Basir, SH (Kasi BB Kajari Pkp), Dr.Haris Bahrun.MP (Tenaga Ahli kementan), Dr.Amir Nur (Kepala Bsip Kementan), H. Abd. Haris, SP, MM ( Kadis Ketahananpangan), Andi sadda.SP. (Kadis Pertanian), dr. Baharudin. (Kadis Kominfo), Sharul Sipato.SH ( Camat Mandalle), Wirawan Galla, SE (Camat Minasatene), Lettu Inf Patolla (Danramil 06/Segeri Mandalle), Iptu Markarma Saleh, S.Sos (Kapolsek Mandalle), Iptu Hasri (Kapolsek Minasatene), H.Lutfi Hanafi (Pemilik RM. Makan Kalibone), Para Perwira Jajaran Dim 1421/Pkp, Personil Bintara dan Tamtama Dim 1421/Pkp, para Ibu-ibu Pengurus Persit KCK Cab XLV Dim 1421/Pkp, Hj. Sutina Natsir Linrung (Kades Boddie), H. Muh. Arief, SE (Kades Panaikang), Insan Pers, Unsur Pendukung dari Staf Kecamatan/Desa serta Masyarakat Gapoktan setempat.

 

Tiba di tempat pertama sebagai lokasi Panen raya Kp Marangancang Caddi Desa Boddie Kec Mandalle Kab Pangkep di Jemput oleh Forkopimda, di Lanjutkan Kegiatan Panen raya secara Simbolis dan Vicon di ikuti oleh Kodim Jajaran Dam XIV/Hsn.

Arahan Pangdam pada Giat vicom bahwa Hanpangan ini merupakan salah satu dari program unggulan dari Kepala Staf Angkatan Darat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat petani dibidang pertanian serta mengatasi krisis pangan yang sedang terjadi.

“Kedepan Hanpangan tidak menjadi lagi Persoalan bagi Masayarakat , tetapi sebagai Bangsa Indonesia harus bisa memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri tanpa Mengimpor dari Luar Negeri,” harapnya.

 

Panglima menghimbau kepada seluruh Kodim jajaran Dam XIV/Hsn. Berkordinasi dengan seluruh stekholder Tinggkat Kab/Kota, untuk Memanfaatkan dan Optimalkan Lahan kosong untuk di tanami padi Jagung Dsb.

“Mendukung Program Gubernur Sulsel yaitu Manfaatkan Lahan Kosong & Laksanakan Tanam Pisang,” tambahnya.

“Kedepan akan di tekankan kepada seluruh Komandan Satuan Jajaran Kodam XIV/Hsn. Agar Mengoptimalkan Lahan kosong di perumahan atau satuan untuk di tanami sayur mayur dengan bisa Menggunakan Media Polibek,” tutupnya.

 

Tempat kedua di Dsn Ujung Batu Desa Panaikang Kec. Minasatene lokasi melakukan penanaman padi yang usainya menuju rumah Kades Panaikang, Pangdam XIV/Hsn di dampingi Forkopimda melaksanakan Silaturahmi dan diskusi dengan anggota Kelompok Tani.

Sambutan Pangdam XIV/Hsn dikatakan kedua kalinya berkunjung ke tempat ini, yang pertama kali waktu kunjungan Presiden Jokowi dan yang kedua ini dalam rangka penanaman padi perdana oleh Kodam XIV/Hsn.

“Dari kegiatan penanaman padi ini, kita bisa mengambil sebuah pelajaran bagaimana jerih payah petani untuk mendapatkan beras,” lanjutnya.

Ditambahkan Panglima sekarang ini kami Angkatan Darat juga melaksankan Program Opla untuk memanfaatkan rawa menjadi lahan, mengakhiri sambutan.

Kegiatan ditutup dengan diskusi sebagai masukan saran dan aspirasi warga. (Anwar Brow)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *