Disdik Sulsel Gelar Jumpa Pers PPDB, Iqbal Nadjamuddin: Tahun ini Cabdis dan Kepsek Jadi Penyelenggara


MAKASSAR, TARGET BERITA.COM – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA, SMK, dan SLB tahun 2023 ini masih menggunakan regulasi yang sama tahun lalu.

Hanya sedikit ada perubahan karena tahun ini Disdik Sulsel menyerahkan ke cabang dinas pendidikan dan kepala sekolah sebagai ketua penyelenggara langsung di wilayah dan sekolahnya masing-masing.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel H Iqbal Nadjamuddin di hadapan para awak media pada kegiatan Jumpa Pers PPDB 2023 yang digelar di Aula Prof Achmad Amiruddin Disdik Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar, Jumat kemarin (9/6/2023).

Iqbal mengatakan, adanya sedikit perubahan skema pelaksanaan PPDB pada tahun 2023 ini merupakan hasil evaluasi dari tahun sebelumnya. Namun demikian, pihak Disdik Sulsel tetap melakukan pendampingan dan pengawasan dalam pelaksanaan PPDB di sekolah.

“PPDB 2023 ini masih tetap dilaksanakan secara online dan masih mengacu pada Permendikbud No 1 Tahun 2021, namun terdapat sedikit perbedaan. Bukan petunjuk teknis (Juknis) yang berbeda tapi tahapannya berbeda dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Katanya, tahun sebelumnya itu anak-anak langsung masuk tahapan penerimaan sehingga banyak anak-anak yang terkendala dalam pengimputan berkas karena mepetnya waktu.

Tahun ini berbeda, diberikan waktu yang agak panjang dengan istilah Pra PPDB yang merupakan bagian dari sosialisasi kepada anak-anak untuk membuat akun dan mempersiapkan berkas-berkas dokumen yang dibutuhkan.

“Jadi tahun ini PPDB diatur waktunya agak lama supaya anak-anak kita ada kesempatan untuk membuat akun dan mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran,” ucap Iqbal sembari meminta kepada awak media untuk ikut memberi edukasi kepada orangtua dan masyarakat terkait PPDB.

Di hadapan awak media, Kadisdik Iqbal Nadjamuddin berjanji akan langsung mengevaluasi dan memberhentikan kepala sekolah dan operator jika berani main-main dalam pelaksanaan PPDB.

Kami tidak akan segan-segan menindak jika ada Kepsek atau operator sekolah yang berani bermain-main pada pelaksanaan PPDB,” tegas Iqbal pada Jumpa Pers PPDB SMA, SMA dan SLB Sulsel yang didampingi Sekretaris Harpansa dan Kepala UPT PTIK Elix. (Ismail Tantu)

Penulis: Ismail tantuEditor: Irwan Jaya DM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *